Tinjau Penyalutan BLT DD di Desa Prambon, Mas Ipin Harapkan Warganya Bijak Gunakan BLT Dana Desa

berita

24 May 2022

779
Tinjau Penyalutan BLT DD di Desa Prambon, Mas Ipin Harapkan Warganya Bijak Gunakan BLT Dana Desa

 

Meninjau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Prambon Kecamatan Tugu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berharap warganya bisa manfaatkan bantuan dengan bijak, Senin (23/5/2022)

Sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo, BLT Dana Desa digelontorkan sebagai program jaring pengaman sosial yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat Pandemi Covid 19.

Hal ini juga telah tertuang dalam Perpres nomor 104 tahun 2021 Tentang Rincian APBN tahun 2022 mengamanahkan 40% Dana Desa dialokasikan untuk BLT DD.

Untuk itu, Bupati Nur Arifin menuturkan, "saya harapkan masyarakat penerima manfaat bisa bijak memanfaatkan bantuan ini," ungkap Bupati.

Suami Novita Hardini ini menambahkan, "syukur-syukur bantuan ini bisa menjadi modal usaha, sehingga nantinya bisa menjadi sumber tambahan penghasilan bagi keluarga," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, mengatakan ada 150 KK di desanya yang menjadi penerima manfaat bantuan BLT Dana Desa.

"Sebanyak 150 KK penerima manfaat bantuan ini akan menerima bantuan sebesar Rp. 300 ribu setiap bulannya. Hari ini proses penyaluran bantuan untuk bulan Mei ini," jelasnya.

Sedangkan di Kabupaten Trenggalek, penyaluran BLT DD saat ini sedang proses penyaluram bulan ke-5. Joko Susanto, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Trenggalek menambahkan total KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BLT DD di Kabupaten Trenggalek tahun 2022 tercatat sebanyak 17.778 KPM.

Joko menjelaskan, "saat ini sedang proses penyaluran untul bulan Mei di 152 Desa yang ada. Jadi total BLT DD yang disalurkan sebesar kurang lebih Rp. 5,33 miliar setiap bulannya," terangnya.

Sehingga kalau sudah tersalur semuanya hingga bulan Mei ini maka ada sebanyak Rp. 26,667 miliar dana BLT DD yang tersalurkan. "Saat ini kami masih menunggu rekapitilasi penyaluran BLT DD dari masing-masing desa," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek