Bootcamp Perempuan Hebat Trenggalek Meroket Memasuki Batch Pertama di Tahun 2022, Cetak 65 Wirausahawan Perempuan Baru di Sektor Perikanan

inovasi

24 May 2022

1190
Bootcamp Perempuan Hebat Trenggalek Meroket Memasuki Batch Pertama di Tahun 2022, Cetak 65 Wirausahawan Perempuan Baru di Sektor Perikanan

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menggelar Bootcamp Perempuan Hebat, Trenggalek Meroket di tahun 2022 dan telah memasuki batch pertama. Di tahap ini sebanyak 65 orang wirausahawan perempuan baru dilatih menjadi wirausahawan baru di sektor perikanan.

Membuka pelatihan tersebut, Pj.Sekda Trenggalek Dr. Andriyanto, SH., M.Kes., menyebut pertumbuhan ekonomi maritim sangat dipengaruhi peranan kuat dari sektor perikanan, Senin (23/5/2022).

Dimana Kabupaten Trenggalek memiliki potensi perikanan yang sangat besar. "Potensi ini mulai dari perikanan tangkap, perikanan budidaya sampai dengan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan," tutur Pj.Sekda Andriyanto.

Menurut Staf Ahli Gubernur Jatim ini, sektor perikanan menyumbang hampir 10 % dari total ekonomi daerah. Tentunya ini harus dikelola dengan baik, baik dari sisi sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya.

Sementara perempuan dipilih karena dianggap memiliki peran penting dalam keluarga, bermasyarakat maupun kehidupan bernegara. Seperti kata Bupati Trenggalek diberbagai kesempatan, bila perempuan itu berpenghasilan, sebagian besar penghasilannya, sebagian besar penghasilannya bakal kembali kepada keluarga. Untuk perbaikan gizi maupun pendidikan keluarga.

Lebih lanjut, Dosen Pasca Sarjana Unair ini menambahkan dalam rumah tangga perikanan secara tradisional mereka telah membagi perannya masing masing. Lelaki bertanggung jawab dalam penangkapan ikan dan peran perempuan lebih kepada pemasaran hasil ikan tangkapan.

Dapat dijumpai di beberapa trmpat seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi, pengelolaan ikan ikan di Bengkorok, kios kios ikan asap 80% nya perempuan. Maka dari itu pemberdayaan perempuan patut dijadikan salah satu prioritas pembangunan.

Pj.Sekda berharap dengan sentuhan-sentuhan strategi pemasaran, pengolahan hasil perikanan hingga pengemasan dan strategi pemasaran dalam pelatihan ini wirausahawan perempuan baim yang mau dan akan memulai usaha di sektor ini bisa maju dan berkembang.

Lebih lanjut, Dr.Andriyanto berharap para pelaku usaha di sektor perikanan mampu memanfaatkan teknologi daring dengan baik.  Dengan pemanfaatan teknologi diharapkan dapat mendorong pengembangan usaha dan pengelolaan potensi yang ada menjadi lebih maksimal. Diskominfo Trenggalek