PEMKAB TRENGGALEK NYATAKAN PASIEN 01 COVID-19 DI TRENGGALEK SEMBUH

berita

23 April 2020

1679
PEMKAB TRENGGALEK NYATAKAN PASIEN 01 COVID-19 DI TRENGGALEK SEMBUH

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengumumkan kesembuhan pasien covid 01 Trenggalek. Pasien 01 (Laki-Laki) berusia 43 tahun yang sebelumnya terkonfirmasi positif, pada tanggal 21 April 2020, secara resmi hasil swab test yang kedua kalinya dinyatakan PCR negatif. Selanjutnya Bupati memerintahkan Dinas Kesehatan agar menerbitkan surat keterangan sehat, Selasa (21/4).

"Dengan ini maka bisa kami sampaikan di Kab. Trenggalek sudah tidak ada lagi pasien terkonfirmasi positif, meskipun demikian status zona merah tidak otomatis hilang. Karena, bisa jadi masih ada OTG yang tidak teridentifikasi bisa membawa resiko kasus positif lainnya," tutur Bupati.

Adapun perkembangan OTG di Kab Trenggalek secara kumulatif mencapai 21 OTG yang teridentifikasi, dari kluster pasien 01 sudah dinyatakan swab negatif, dari kluster haji dinyatakan swab negatif, dari kluster pasien terkonfirmasi positif Tulungagung, ada OTG kontak erat di Kecamatan Durenan (3 orang), yang saat ini sedang menunggu hasil swab.

Bupati Arifin juga telah memerintahkan agar 3 pilar kecamatan serta gugus tugas desa setempat menetapkan zona physical distancing diarea sekitar OTG tersebut, hingga dinyatakan hasil swab negatif.

Adapun hal yang dilakukan di zona physical distancing tersebut adalah,

1) Mengalihkan jalur agar mengurangi mobilitas dan resiko penyebaran penyakit,

2) Melakukan disinfeksi berkala,

3) Semua orang wajib memakai masker dan

4) Menunjuk penghubung bagi keluarga OTG dan membantu kebutuhan pokok KK dikawasan zona physical distancing.

"Saat ini saya juga mengharapkan informasi dari masyarakat terkait dengan keberadaan santri dari Pondok Temboro Magetan, hubungi call center 0822 333 43 800 atau 0811 3606 119 agar dapat dilakukan tracing oleh tim gugus tugas penanganan covid-19," harap Bupati.

Selain itu Bupati juga menyampaikan langkah Pemkab mengurangi resiko dampak penyebaran penyakit dengan menunda mudik. Bagi para perantau yang bertahan tidak mudik, kami akan beri insentif.

Pendaftaran online terakhir pada hari ini pukul 24.00 melalui portal corona.trenggalekkab.go.id, selanjutnya pendaftaran melalui kepala desa dan lurah setempat secara manual bisa dilaksanakan hingga besok. Bagi yang lolos verifikasi akan kita hubungi lebih lanjut. Diskominfo Trenggalek