GELAR RAPAT KOORDINASI BERSAMA LINTAS SEKTOR, PEMKAB TRENGGALEK PERKUAT SINERGITAS PERANGI COVID-19

berita

21 April 2020

1630
GELAR RAPAT KOORDINASI BERSAMA LINTAS SEKTOR, PEMKAB TRENGGALEK PERKUAT SINERGITAS PERANGI COVID-19

Pemerintah Kabupaten Trenggalek memperkuat sinergitas lintas sektor dalam rangka menanggulangi dampak sosial ekonomi dan resiko penyebaran penyakit akibat wabah covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin usai memimpin rapat gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 bersama DPRD, Kapolres dan Dandim 0806 di Smart Centre, Senin (20/4). "Kami hanya beri waktu dua hari kepada tim gugus tugas sambil berjalan, karena semuanya hal-hal teknis sudah kita lakukan. Tetapi kita ingin menjahit agar menjadi kolaborasi yang lebih masif, dan selanjutnya nanti strategi ini kami sebarkan kepada publik, agar masyarakat juga tahu sebenarnya apa tindakan-tindakan yang di ambil pemerintah, dan masuk ke dalam strategi yang mana," tutur Bupati Nur Arifin.

Dijelaskan oleh Bupati, hingga saat ini Pemerintah telah mengambil berbagai langkah untuk menanggulangi dampak covid-19 seperti membuat rumah singgah dan observasi, dapur umum, memberi insentif bagi yang menahan mudik. Diharapkan oleh Bupati Arifin, langkah-langkah tersebut bisa diketahui dan diduplikasi oleh masyarakat dengan skala kemampuan dan juga kewenangannya masing-masing.

Lebih lanjut Bupati muda ini menerangkan bahwa masyarakat juga bisa ikut andil ikut bergotong royong membantu Pemerintah mencegah penyebaran virus covid-19. Bupati mencontohkan masyarakat yang mempunyai properti pribadi bisa dimanfaatkan menjadi rumah isolasi bersama, asalkan setiap prosedur penanganan didalamnya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. "Karena tidak semua warga Trenggalek punya rumah yang cukup besar yang ventilasinya bagus, belum tentu juga mereka bisa mengisolasi diri dikamar, siapa tahu mereka ada orang tua yang rentan dan sebagainya itu beresiko kalau mereka dirumah", lanjutnya melengkapi. "Maka semakin banyak masyarakat bergotong royong menyediakan rumah-rumah singgah, observasi dan lain sebagainya itu akan baik. Makanya ini perlu kita sampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat ikut bergotong royong menyediakan ini semua dalam rangka perang melawan covid-19", tutup Bupati Nur Arifin. DIskominfo Trenggalek