BUPATI TRENGGALEK : SUDAH ADA KEPASTIAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) UNTUK MASYARAKAT

berita

15 April 2020

3356
BUPATI TRENGGALEK : SUDAH ADA KEPASTIAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) UNTUK MASYARAKAT

Usai mengikuti teleconference dengan Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara di Gedung Smart Center, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin sampaikan pernyataan bahwa Pemerintah segera mengucurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk meringankan beban masyarakat ditengah Pandemi Corona. Rabu (15/4/2020).

"Kita mendapatkan kepastian dari Pemerintah Pusat, Kementrian Sosial bahwa akan ada bantuan sosial tunai," ungkap Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Ditambahkan olehnya, "dalam waktu dekat, kuota per Kabupaten akan diumumkan. Yang jelas bantuan ini berupa kartu yang bisa dipakai di Bank Himbara, kemungkinan besar jaringan Bank BNI dan BRI, kita lihat nanti seperti apa," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Bupati Nur Arifin bahwa untuk sasaran yang dikirim diantaranya 15 ribu PKS yang belum tercover BPNT dan PKH yang akan diprioritaskan. Terkait hal itu, Pemkab Trenggalek juga akan bersinergi dengan depo-depo yang ada.

"Kami tadi ijin kepada pak menteri, yang diberikan kartu nanti diwajibkan membeli produk-produk lokal, seperti pertanian, perkebunan, maupun peternakan, sehingga memutar perekonomian di Trenggalek juga," tuturnya

Bupati Nur Arifin juga berharap bahwa sasaran penerima tidak tumpang tindih. Untuk PKH sudah otomatis mendapat BNPT, sedangkan di luar PKH, Bupati mengingatkan jangan sampai double.

"Datanya nanti akan disimpulkan untuk bantuan dari Pemerintah Pusat. Sedangkan untuk yang lain nanti akan kita cover dari Pemerintah Kabupaten. Pemerintah Provinsi juga ada program dan bagi yang belum dapat nanti bisa menghubungi Desa, karena ada BLT di tingkat desa juga," Lanjut Bupati.

Terkait sasaran penerima yang akan diintervensi bantuan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten, Bupati menyampaikan ada kurang lebih 100 ribu Kepala Keluarga. 

(Sumber : Dokpim Kab. Trenggalek)