Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke 115

berita

24 May 2023

584
Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke 115

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar upacara bendera memperingati hari kebangkitan nasional ke 115 tahun 2023 di Alun - Alun Trenggalek.

Memimpin peringatan ini, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara mengajak gelorakan semangat kebangkitan pasca pandemi COVID-19.

Wabup Syah menuturkan Hari Kebangkitan Nasional yang didasari atas berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Hari Kebangkitan Nasional membawa Indonesia menuju kemerdekaan, dan terpenuhinya hak-hak warga masyarakat untuk hidup tenang dan bebas di negaranya sendiri.

Pada masa itu, Indonesia menghadapi ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Oleh karena itu, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan dapat menjadi spirit untuk menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

“Pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19,” kata Wabup Trenggalek membacakan amanat Plt Menkominfo, Mahfud MD.

Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan. Sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit !”. Diskominfo Trenggalek